Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Jenjang SMP, SMA Tahun 2023

Berita, Kompetisi, Madrasah2296 Dilihat

RPJMN Tahun 2020-2024 mengamanatkan untuk menyiapkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing melalui Manajemen Talenta Nasional (MTN). Dengan semangat Merdeka Belajar, merdeka berprestasi, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), terus berupaya untuk melaksanakan amanat tersebut diantaranya melalui penyelenggaraan ajang talenta dalam bidang sains, yaitu salah satunya melalui Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) untuk peserta didik jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

OPSI digelar sebagai agenda penting Balai Pengembangan Talenta Indonesia untuk membangun pelajar pancasila yang berkarakter kreatif dan inovatif. OPSI mengembangkan kemampuan berpikir siswa yang kritis untuk terus menggali berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar siswa. Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan.

Dengan demikian, OPSI juga menjadi sarana untuk mengidentifikasi talenta dan prestasi peserta didik sejak dini untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi calon-calon pemimpin perubahan di bidang sains. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.

Dalam upaya mewujudkan visi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2020-2024 yaitu mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global, serta menjalankan fungsi kelembagaan tentang pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik maka Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengadakan ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun 2023.

Penelitian dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya menjadi kunci bagi sebuah negara untuk tumbuh menjadi negara maju. Peringkat publikasi penelitian Indonesia yang dirilis website Scimago Journal & Country Rank pada tahun 2021 mengalami peningkatan menjadi ranking 21 (49.350 publikasi). Capaian ini telah mengalahkan beberapa negara tetangga seperti Malaysia (ranking 24), Singapore (ranking 37), dan Brunei Darussalam (ranking 114). Oleh karena itu, OPSI tahun 2023 diselenggarakan dalam upaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia khususnya generasi muda untuk meningkatkan inovasi penguatan ekonomi untuk menjadi negara maju berbasis Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian siswa yang mandiri dan tangguh. Kegiatan penelitian dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah. Tema yang ditetapkan pada OPSI Tahun 2023 adalah Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi.

Peserta OPSI 2023

Peserta ajang OPSI 2023 adalah siswa SMP/MTs/sederajat kelas VII dan/atau VIII dan SMA/MA/sederajat, kelas X dan/atau XI, di seluruh wilayah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Jadwal OPSI 2023

Download Panduan OPSI 2023

Selengkapnya panduan OPSI 2023 bisa di download DISINI.

 

(Visited 815 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *